Contoh Proposal Usaha Travel Agent




RENCANA USAHA

BAB I
PENDAHULUAN

a.      Nama Perusahaan                  : Nusantara Tour & Travel ( misal )
Alamat Perusahaan                : Jl. travelling ( misal )
No. Telepon                           : 123457 ( misal )
E-mail                                    : nusantara@gmail.com ( misal )
Website                                   : www.nusantarat&t ( misal )

b.      Nama Penanggungjawab        :  ( misal )
Alamat Penanggungjawab      :  ( misal)
No. Telepon                             : ( misal )

c.       Informasi Bisnis Usaha
Rencana usaha yang akan didirikan adalah Travel Agent, merupakan  sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa khususnya Pariwisata. Nusantara Tour & Travel melayani pemesanan tiket , reservasi hotel, rent car, dan paket wisata. Untuk pelayanannya bisa online dengan mengunjungi website kami www.nusantarat&t.com atau bisa langsung datang ke kantor kami.




BAB II
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA


a.      Latar Belakang Usaha
Pada zaman yang modern ini parisiwisata sudah menjadi kebutuhan dari masyarakat dunia dan tidak sedikit dari mereka yang memilih menggunakan jasa Travel Agent untuk mengurus atau menggolahakan perjalanannya. Selain itu Travel Agent juga dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan, bagi mereka yang ahli dalam bidang Ticketing, Tour Plannng, atupun Guide (Pemandu Wisata).

b.      Tujuan Dalam Membuka Usaha
Nusantara Tour & Travel ingin memposisikan diri dan turut berpartisipasi aktif dalam pengembangan Industri Pariwisata. NusantaraTour & Travel memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang handal, dapat dipercaya dan sekaligus memberikan solusi bagi  konsumen dan masyarakat untuk mengatasi masalah mereka dalam melakukan berbagai kegiatan perjalanan wisata.

c.       Karakter dari Usaha
Usaha dari Travel Agent ini memiliki karakter jasa, karena kami menjual pelayanan bukan produk. Mungkin paket wisata bisa disebut produk, tetapi produk tersebut bisa kita rasakan saat melaksanakan tour dengan layanan dari Travel Agent kami.


BAB III
PEMASARAN

a.      Target Pasar
Pasar yang akan menjadi target kami adalah semua kalangan masyarakat, baik dari sekolah (study tour), perkantoran , pemerintah, masyarakat biasa maupun mancanegara.

b.      Situasi Persaingan
Sekarang ini banyak wisatawan asing yang berkunjung di Indonesia untuk berwisata. Tidak menutup kemungkinan banyak pula travel agent yang berdiri untuk membantu mereka dalam perjalanannya. Mulai dari harga tiket yang murah, kreativitas paket wisata serta pelayanan yang prima membuat persaingan travel agent semakin kuat.

c.       Strategi Pasar

·         Produk yang Dijual
Produk yang dijual adalah jasa pemesanan tiket (pesawat, kereta api, kapal) , paket wisata, reservasi hotel, rental car.

·         Penetapan Harga
Untuk penetapan harga tiket kita mematok dari perusahaan maskapai ataupun yang lain yang nantinya akan di jumlah dengan dengan keuntungan yang kami tetapkan. Sedangkan untuk paket wisata, biasanya berhubungan dengan komponen-kompenen pariwisata seperti akomodasi, restaurant, dan transportasi , maka kita menggunakan contrack rate dari masing-masing komponen tersebut , tetapi untuk obyek wisata kita sesuaikan dengan harga yang real.

·         Promosi
Dalam sebuah usaha tentu saja harus ada promosi agar laku dalam penjualan, seperti :
a.      membuat brosur yang berisi produk-oproduk baru kami
b.      melakukan iklan-iklan di internet baik melaui situs kami, jejaring sosial maupun forum
c.       membuat catalog-catalog mengenai pariwisata di jogja yang sedang up to date

·         Tempat (Lokasi Usaha)
Lokasi Travel Agent kami terletak di daerah Malioboro yang sangat strategis karena berdekatan dengan beberapa obyek wisata di Jogja.


BAB IV
ADMINISTRASI USAHA

a.      Perizinan
Usaha yang kami dirikan tentunya memilki perizinan usaha yaitu :
·         Akta pendirian Perseroan Terbatas khusus travel NPWP peruusahaan
·         Domisili perusahaan
·         SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
·         SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
·         SIUP (Surat Izin Usaha Pariwisata)
·         Surat izin sementara atau tetap dari Dinas Pariwisata Pemda setempat
·         Menjadi anggota ASITA

b.      Buku-Buku Yang Dibutuhkan
·         Buku Administrasi yang memuat mengenai kas dan utang piutang
·         Buku telepon yang berisi nomor telpon dan alamat dari berbagai kompnen pariwisata dan juga nomor telpon guide
·         Buku kepariwisataan



BAB V
ANALISIS SWOT

a.      Strength ( kekuatan )
Travel agent tidak hanya melibatkan dirinya dalam perjalanan wisata, tetapi uga dalam bisnis pemesanan tiket, akomodasi, restaurant, obyek wisata, paspor, dan visa jasa serta asuransi perjalanan yang memberikan mereka kekuatan untuk memiliki transformasi alami.

b.      Weakness ( kelemahan )
Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa perjalanan dengan menggunakan jasa travel agent itu lebih mahal, padahal todak sepenuhnnya produk yang diberikan travel agent terbilang mahal, karena trcavek agent kami bekerjasama dengan komponen pariwisata yang nantinya akan terdapat contrack rate yang membuat harga bisa lebih murah dari publish rate yang diketahui kebanyakan orang.

c.       Oportunity ( peluang )
Jogja merupakan daerah tujuan wisata kedua di Indonesia, tentu saja banyak wisatawan yang ingin berkunjung untuk berwisata yang tidak terlepas hubungannya dengan Travel Agent yang akan mengelola perjalanan ataupun wisata mereka.

d.      Threaty (ancaman )
Banyaknya Travel Agent baru yang muncul dan menawarkan harga yang sangat murah untuk promosi.




BAB VI
SUMBER DAYA MANUSIA

a.      Tenaga Kerja Yang Dibutuhkan
Jumlah tenaga kerja   : 6 orang
Keahlian                      : Manager , Ticketing, Tour Division, dan Accountin

b.      Kualifikasi Tenaga kerja
·         Manager/pimpinan :
Pria
Usia maksimal 35 tahun
Pendidikan minimal S1
Mampu memanage usaha dengan baik

·         Ticketing
Wanita
Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal SMK atau sederajad
Ahli dalam bidangnya
Menguasai komputer
Berpenampilan menarik
Mampu berbahasa inggris    
           
·         Tour Division
Pria atau wanita
Usia maksimal  25 tahun
Pendidikan minimal SMK atau sederajad
Ahli dalam bidangnya

·         Accounting
Wanita
Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal SMK (akuntansi)
Menguasai komputer

c.       Gaji
UMR Kota Jogja        : Rp 1.173.000,00
Gaji Manager             : Rp 3.000.000,00
Gaji Ticketin               : Rp 1.500.000,00
Gaji Tour Division     : Rp 1.500.000,00
Gaji Accounting         : Rp 1.500.000,00

d.      Strukktur Organisasi




BAB VII
ASPEK RESIKO

a.      Masalah Yang Mugkin Dihadapai

·         Terjadinya penundaan atau pembatalan tour
Apabila terjadi bencana alam yang tak terduga otomatis tour akan ditunda atau dibatalkan mengingat kondisi saat itu. Tentu saja pelanggan yang telah memesan paket wisata akan komplain bahkan minta ganti rugi.

·         VOID tiket
Masalah ini akan banyak dialami oleh pekerja pada bagian tiket, dimana terjadinya kesalahan penulisan pada tiket, baik itu nama penumpang, jam terbang, kota tujuan atau yang lainnya yang pada akhirnya tiket tidak bisa digunakan. Tentu saja Ticketer harus mengganti rugi yang senilai dengan harga tiket tersebut.

·         Persaingan antar Travel Agent lain
Banyaknya Travel Agent yang lebih berkembang daripada travel kami membuat travel kami sulit untuk mendapatkan pelanggan.

b.      Cara Mengatasi Masalah

·         Membuat perjanjian antara pelanggan dan pihak travel apabila terjadi
penundaan atau pebatalan tour maupun tiket

·         Harus lebih teliti dan menginformasikan kembali kepada pelanggan mengenai data-data yang ada pada tiket agar tidak terjadi void tiket.

·         Lebih berkreatif dalam mengembangkan usaha Travel Agent



BAB VIII
ASPEK FINANSIAL

a.      Berapa Modal Yang Dibutuhkan
Modal yang kita butuhkan sekitar Rp 160.000.000,00.



b.      Darimana Modal Didapatkan
Modal kami dapatkan dari perusahaan sendiri dan hutang Bank.

c.       Untuk Apa Modal Digunakan
Modal kami gunakan untuk membeli perlengkapan kantor untuk memulai usaha, berikut rinciannya :
Renovasi awal dan desain interior        : Rp    5.000.000,00
Pembelian alat-alat kantor                   : Rp     3.000.000,00
Komputer ( 4 Buah )                           : Rp   20.000.000,00
Gaji karyawan tahun pertama              : Rp 126.000.000,00
Biaya Promosi                                    : Rp     1.000.000,00
                                                                                                 
Total                                                  : Rp 155.000.000,00



PENUTUP

a.      Kesimpulan

Demikian proposal ini saya susun dengan harapan permohonan pendirian perusahaan yang saya dirikan dapat di kabulkan.pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia usaha.Dari pendirian usaha ini,saya menyimpulkan bahwa berdirinya perusahaan ini karena ikut serta dalam mengembangkan dunia pariwisata di Indonesia khususnya di Yogyakarta dan membantu masyarakat untuk mengelola perjalanan wisatanya serta untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global seperti sekarang ini.

Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa.Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya.

Akhir dari penulisan proposal ini saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal dan pendirian perusahaan “Nusantara Tour & Travel”.Dan terima kasih juga atas terkabulnya proposal ini,serta saya berharap agar pelaksanaan perusahaan yang saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti harapan saya.


b.      .Saran

Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar,maka saya mempunyai beberapa saran,antara lain:
1.      Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan
2.      Pandai berkomunikasi
3.      Mempunyai etos kerja yang tinggi
4.      Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain
5.      Tidak mudah putus asa
6.      Mampu menghasilkan produk yang berkualitas
7.      Mengutamakan kepuasan pelanggan
8.      Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Recount Text - MY BEST HOLIDAY

Yakin Masih Libur Lebaran Ngga Mau Piknik?