Contoh Proposal Usaha Travel Agent
RENCANA USAHA
BAB I
PENDAHULUAN
a. Nama Perusahaan : Nusantara Tour & Travel ( misal )
Alamat Perusahaan :
Jl. travelling ( misal )
No. Telepon : 123457 ( misal )
E-mail : nusantara@gmail.com ( misal )
Website :
www.nusantarat&t ( misal )
b. Nama
Penanggungjawab : ( misal )
Alamat Penanggungjawab : ( misal)
No. Telepon : ( misal )
c. Informasi Bisnis
Usaha
Rencana usaha yang akan didirikan adalah Travel Agent, merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa
khususnya Pariwisata. Nusantara Tour & Travel melayani pemesanan tiket ,
reservasi hotel, rent car, dan paket wisata. Untuk pelayanannya bisa online
dengan mengunjungi website kami www.nusantarat&t.com atau bisa langsung datang ke kantor
kami.
BAB II
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
a. Latar Belakang
Usaha
Pada zaman yang modern ini parisiwisata sudah menjadi kebutuhan dari
masyarakat dunia dan tidak sedikit dari mereka yang memilih menggunakan jasa
Travel Agent untuk mengurus atau menggolahakan perjalanannya. Selain itu Travel
Agent juga dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan, bagi mereka
yang ahli dalam bidang Ticketing, Tour Plannng, atupun Guide (Pemandu Wisata).
b. Tujuan Dalam
Membuka Usaha
Nusantara Tour & Travel ingin memposisikan diri dan turut
berpartisipasi aktif dalam pengembangan Industri Pariwisata. NusantaraTour
& Travel memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang handal, dapat
dipercaya dan sekaligus memberikan solusi bagi
konsumen dan masyarakat untuk mengatasi masalah mereka dalam melakukan
berbagai kegiatan perjalanan wisata.
c. Karakter dari
Usaha
Usaha dari Travel Agent ini memiliki karakter jasa, karena kami menjual
pelayanan bukan produk. Mungkin paket wisata bisa disebut produk, tetapi produk
tersebut bisa kita rasakan saat melaksanakan tour dengan layanan dari
Travel Agent kami.
BAB III
PEMASARAN
a. Target Pasar
Pasar yang akan menjadi target kami adalah semua kalangan masyarakat,
baik dari sekolah (study tour), perkantoran , pemerintah, masyarakat biasa
maupun mancanegara.
b. Situasi
Persaingan
Sekarang ini banyak wisatawan asing yang berkunjung di Indonesia untuk berwisata.
Tidak menutup kemungkinan banyak pula travel agent yang berdiri untuk membantu mereka
dalam perjalanannya. Mulai dari harga tiket yang murah, kreativitas paket
wisata serta pelayanan yang prima membuat persaingan travel agent semakin kuat.
c. Strategi Pasar
·
Produk yang Dijual
Produk yang dijual adalah
jasa pemesanan tiket (pesawat, kereta api, kapal) , paket wisata, reservasi
hotel, rental car.
·
Penetapan Harga
Untuk penetapan harga
tiket kita mematok dari perusahaan maskapai ataupun yang lain yang nantinya
akan di jumlah dengan dengan keuntungan yang kami tetapkan. Sedangkan untuk
paket wisata, biasanya berhubungan dengan komponen-kompenen pariwisata seperti
akomodasi, restaurant, dan transportasi , maka kita menggunakan contrack rate
dari masing-masing komponen tersebut , tetapi untuk obyek wisata kita sesuaikan
dengan harga yang real.
·
Promosi
Dalam sebuah usaha tentu
saja harus ada promosi agar laku dalam penjualan, seperti :
a. membuat brosur
yang berisi produk-oproduk baru kami
b. melakukan iklan-iklan
di internet baik melaui situs kami, jejaring sosial maupun forum
c. membuat
catalog-catalog mengenai pariwisata di jogja yang sedang up to date
·
Tempat (Lokasi Usaha)
Lokasi Travel Agent kami terletak di
daerah Malioboro yang sangat strategis karena berdekatan dengan beberapa obyek
wisata di Jogja.
BAB IV
ADMINISTRASI USAHA
a. Perizinan
Usaha yang kami dirikan tentunya memilki perizinan usaha yaitu :
·
Akta pendirian Perseroan Terbatas khusus travel NPWP
peruusahaan
·
Domisili perusahaan
·
SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
·
SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
·
SIUP (Surat Izin Usaha Pariwisata)
·
Surat izin sementara atau tetap dari Dinas Pariwisata
Pemda setempat
·
Menjadi anggota ASITA
b. Buku-Buku Yang
Dibutuhkan
·
Buku Administrasi yang memuat mengenai kas dan utang
piutang
·
Buku telepon yang berisi nomor telpon dan alamat dari
berbagai kompnen pariwisata dan juga nomor telpon guide
·
Buku kepariwisataan
BAB V
ANALISIS SWOT
a. Strength (
kekuatan )
Travel agent tidak hanya melibatkan dirinya dalam perjalanan wisata,
tetapi uga dalam bisnis pemesanan tiket, akomodasi, restaurant, obyek wisata,
paspor, dan visa jasa serta asuransi perjalanan yang memberikan mereka kekuatan
untuk memiliki transformasi alami.
b. Weakness (
kelemahan )
Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa perjalanan dengan menggunakan
jasa travel agent itu lebih mahal, padahal todak sepenuhnnya produk yang diberikan
travel agent terbilang mahal, karena trcavek agent kami bekerjasama dengan
komponen pariwisata yang nantinya akan terdapat contrack rate yang membuat
harga bisa lebih murah dari publish rate yang diketahui kebanyakan orang.
c. Oportunity (
peluang )
Jogja merupakan daerah tujuan wisata kedua di Indonesia, tentu saja
banyak wisatawan yang ingin berkunjung untuk berwisata yang tidak terlepas
hubungannya dengan Travel Agent yang akan mengelola perjalanan ataupun wisata
mereka.
d. Threaty (ancaman
)
Banyaknya Travel Agent baru yang muncul dan menawarkan harga yang sangat
murah untuk promosi.
BAB VI
SUMBER DAYA MANUSIA
a. Tenaga Kerja
Yang Dibutuhkan
Jumlah tenaga kerja : 6 orang
Keahlian :
Manager , Ticketing, Tour Division, dan Accountin
b. Kualifikasi
Tenaga kerja
·
Manager/pimpinan :
Pria
Usia maksimal 35 tahun
Pendidikan minimal S1
Mampu memanage usaha dengan
baik
·
Ticketing
Wanita
Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal SMK
atau sederajad
Ahli dalam bidangnya
Menguasai komputer
Berpenampilan menarik
Mampu berbahasa inggris
·
Tour Division
Pria atau wanita
Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal SMK
atau sederajad
Ahli dalam bidangnya
·
Accounting
Wanita
Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal SMK
(akuntansi)
Menguasai komputer
c. Gaji
UMR Kota Jogja : Rp
1.173.000,00
Gaji Manager :
Rp 3.000.000,00
Gaji Ticketin :
Rp 1.500.000,00
Gaji Tour Division : Rp
1.500.000,00
Gaji Accounting : Rp
1.500.000,00
d. Strukktur
Organisasi
BAB VII
ASPEK RESIKO
a. Masalah Yang
Mugkin Dihadapai
·
Terjadinya penundaan atau pembatalan tour
Apabila terjadi bencana
alam yang tak terduga otomatis tour akan ditunda atau dibatalkan mengingat
kondisi saat itu. Tentu saja pelanggan yang telah memesan paket wisata akan
komplain bahkan minta ganti rugi.
·
VOID tiket
Masalah ini akan banyak
dialami oleh pekerja pada bagian tiket, dimana terjadinya kesalahan penulisan
pada tiket, baik itu nama penumpang, jam terbang, kota tujuan atau yang lainnya
yang pada akhirnya tiket tidak bisa digunakan. Tentu saja Ticketer harus
mengganti rugi yang senilai dengan harga tiket tersebut.
·
Persaingan antar Travel Agent lain
Banyaknya Travel Agent
yang lebih berkembang daripada travel kami membuat travel kami sulit untuk
mendapatkan pelanggan.
b. Cara Mengatasi
Masalah
·
Membuat perjanjian antara pelanggan dan pihak travel
apabila terjadi
penundaan atau pebatalan
tour maupun tiket
·
Harus lebih teliti dan menginformasikan kembali kepada
pelanggan mengenai data-data yang ada pada tiket agar tidak terjadi void tiket.
·
Lebih berkreatif dalam mengembangkan usaha Travel
Agent
BAB VIII
ASPEK FINANSIAL
a. Berapa Modal
Yang Dibutuhkan
Modal yang kita butuhkan sekitar Rp 160.000.000,00.
b. Darimana Modal
Didapatkan
Modal kami dapatkan dari perusahaan sendiri dan hutang Bank.
c. Untuk Apa Modal
Digunakan
Modal kami gunakan untuk membeli perlengkapan kantor untuk memulai usaha,
berikut rinciannya :
Renovasi awal dan desain interior :
Rp 5.000.000,00
Pembelian alat-alat kantor :
Rp 3.000.000,00
Komputer ( 4 Buah ) :
Rp 20.000.000,00
Gaji karyawan tahun pertama :
Rp 126.000.000,00
Biaya Promosi :
Rp 1.000.000,00
Total
: Rp 155.000.000,00
PENUTUP
a.
Kesimpulan
Demikian proposal ini saya susun dengan harapan
permohonan pendirian perusahaan yang saya dirikan dapat di kabulkan.pembuatan proposal
ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang
dalam dunia usaha.Dari pendirian usaha ini,saya menyimpulkan bahwa berdirinya
perusahaan ini karena ikut serta dalam mengembangkan dunia pariwisata di
Indonesia khususnya di Yogyakarta dan membantu masyarakat untuk mengelola
perjalanan wisatanya serta untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di
era krisis global seperti sekarang ini.
Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini
kecuali yang Maha Kuasa.Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak
kekurangan,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun
guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal ini saya ucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan
proposal dan pendirian perusahaan “Nusantara Tour & Travel”.Dan terima
kasih juga atas terkabulnya proposal ini,serta saya berharap agar pelaksanaan
perusahaan yang saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti
harapan saya.
b.
.Saran
Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan
lancar,maka saya mempunyai beberapa saran,antara lain:
1.
Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan
2.
Pandai berkomunikasi
3.
Mempunyai etos kerja yang tinggi
4.
Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain
5.
Tidak mudah putus asa
6.
Mampu menghasilkan produk yang berkualitas
7.
Mengutamakan kepuasan pelanggan
8.
Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif
thanku min
BalasHapusthanku min
BalasHapusSama-sama. Semoga bermanfaat..
HapusTertarik pengen daftar
BalasHapusThanks Agan, izin sedot
BalasHapuscek instagram tripelk.tour
BalasHapusbanyak paket wisata dengan harga terjangkau
harga murah fasilitas mewah
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus